KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,
syukur Alhamdulillah kami ucapkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan
taufiq, hidayah, dan ma’una Nya kepada kami sehingga dengan bekal kemampuan
yang ada pada kami, kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Media
Pembelajaran.
Makalah ini kami suguhkan kepada semua pembaca yang ingin
mengetahui tentang Media-media dalam Pembelajaran. Paling tidak makalah ini
akan menjadi ilmu baru bagi para pembaca. Walaupun makalah ini belum sempurna
tapi kami akan berusaha memperbaikinya pada makalah yang akan datang. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin ..
Bandar Lampung, April
2013
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Media pembelajaran merupakan salah faktor penting dalam peningkatan
kualitas pembelajaran. Hal tersebut disebabkan adanya perkembangan teknologi
dalam bidang pendidikan yang menuntut
efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran. Untuk mencapai tingkat efisiensi
dan efektivitas yang optimal, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah
mengurangi bahkan jika perlu menghilangkan dominasi sistem penyampaian
pelajaran yang bersifat verbalistik dengan cara menggunakan media pembelajaran.
Sehubungan dengan penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran,
para tenaga pengajar atau guru perlu cermat dalam pemilihan dan atau penetapan
media yang akan digunakannya. Kecermatan dan ketepatan dalam pemilihan media
akan menunjang efektivitas kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Disamping
itu juga kegiatan pembelajaran menjadi menarik sehingga dapat menimbulkan
motivasi belajar, dan perhatian siswa menjadi terpusat kepada topik yang
dibahas dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kecermatan dan ketepatan
dalam memilih media pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor seperti luas
sempitnya pengetahuan dan pemahaman tenaga pengajar tentang kriteria dan
faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan serta prosedur pemilihan media
pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Media Pembelajaran
Media
berasal dari kata “Medium”, yang berasal dari bahasa latin “Medium” yang
berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media ini
mengarah pada sesuatu yang menjadi penghantar untuk meneruskan suatu informasi
dari sumber informasi kepada penerima informasi. Media merupakan suatu wadah
atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima.
Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses
penyajian informasi.
Pendapat beberapa ahli mengenai
pengertian media, yaitu antara lain:
1.
Hamalik menyatakan
bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam
rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa
dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah. Danim menyatakan bahwa media
pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh
guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa dengan peserta
didik.
2.
Wildbur schraman menyebutkan
bahwa media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk
keperluan instruksional.
3.
Lislie. J. Briggs menjelaskan
bahwa media adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi atau isi pengajaran,
seperti buku, film, slide dan lain-lain.
4.
Heinich dkk mengatakan bahwa medium sebagai perantara mengantarkan informasi antara
sumber dan penerima pesan.
Dari beberapa pendapat
di atas, dapat disimpulkan bahwa:
- Media merupakan wadah atau perantara pesan yang oleh sumber pesan atau pengaruhnya ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima pesan.
- Materi yang ingin disampaikan adalah pesan instruksional.
3.
Tujuan yang ingin
dicapai adalah terjadinya proses belajar pada penerima pesan (anak didik)
Sebelum istilah media digunakan dan
popular, dalam dunia pendidikan sudah berkembang kata atau
istilah yang bermakna sama yang sudah digunakan. Pertama dipakai istilah “alat
peraga” kemudian “Audio Visual Aids”,
kemudian selanjutnya disebut “Instrucsional
Materials” yang akhirnya sekarang ini digunakan adalah “Media
Pembelajaran”. Gagne dan Brings. (Latuheru. Media Pembelajaran Dalam Proses
Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 14) mengatakan
bahwa media pembelajaran adalah alat secara fisik untuk menyampaikan isi
pengajaran.
Media pembelajaran secara umum adalah
alat bantu proses
belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan
pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini
cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut
Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan
isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian
menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk
teknologi perangkat keras.
B. Jenis Media Pembelajaran
Adapun jenis-jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. Media Asli/Tiruan
1. Spesimen Makhluk Hidup maupun tidak hidup
2.
Benda
Asli bukan Makhluk Hidup
3.
Model
Tiruan benda asli (yang diperkecil atau diperbesar)
b.
Media
Grafis
Media grafis ialah semua media yang berupa tulisan/gambar, antara lain;
Media grafis ialah semua media yang berupa tulisan/gambar, antara lain;
1.
Media
Chart yaitu
penyajian diagramatik
meliputi: Tree Chart, Root Chart, Flow Chart, Media Bagan Petunjuk/Penuntun,
Bagan Waktu, Bagan Bongkah, Bagan Pandang Tembus.
2.
Media Grafik : Grafik Batang, Grafik Gambar atau Pictograph,
Grafik Garis, Grafik Bentuk Peta, dan Grafik Lingkaran (Grafik Pie)
3.
Media
Poster
4.
Karikatur
5.
Still
Picture/foto
6.
Media
Papan
7.
Media
Peta
c.
Media
proyeksi
Ada dua macam, ialah media proyeksi diam dan bergerak, dan ada pula disertai suara.
Ada dua macam, ialah media proyeksi diam dan bergerak, dan ada pula disertai suara.
d.
Media
Audio
Termasuk Media Audio ialah kaset audio, audio CD, dan radio.
Termasuk Media Audio ialah kaset audio, audio CD, dan radio.
e.
Media
pandang dengar /Media audio visual diam
ialah slide suara dan film strip, dan yang bergerak misalnya video, TV, VCD, DVD.
ialah slide suara dan film strip, dan yang bergerak misalnya video, TV, VCD, DVD.
f.
Media
Cetak
Media cetak misalnya hand out, buku, modul, brosur, liflet, majalah, koran, album. Media cetak juga ada yang ditampilkan dengan komputer yang berisi bahan ajar dan sumber lain dari internet.
Media cetak misalnya hand out, buku, modul, brosur, liflet, majalah, koran, album. Media cetak juga ada yang ditampilkan dengan komputer yang berisi bahan ajar dan sumber lain dari internet.
Pengelompokan berbagai jenis media dilihat dari
segi perkembangan teknologi, menurut Seels & Glasgow (1990) dibagi ke dalam
dua kategori, yaitu media tradisionil dan media teknologi mutakhir.
1.
Media Tradisionil
a.
Visual
diam yang diprayeksikan
1.
Proyeksi
opaque (tak tembus pandang)
2.
Proyeksi
overhead
3.
Slides
4.
Filmstrips
b.
Visual
yang tak diproyeksikan
1.
Gambar,
poster
2.
Foto
3.
Chart,
grafik, diagram
4.
Pameran,
papan info, papan tempel
c.
Audio
1.
Rekaman
piringan
2.
Pita
kaset
d. Penyajian multimedia
1. Slide plus suara
2. Multi image
e. Visual dinamis yang diproyeksikan
1. Film
2. Televisi
3. Video
f. Cetak
1. Buku teks
2. Modul, teks terprogram
3. Workbook
4. Majalah ilmiah
5. Handout
g. Permainan
1. Teka-teki
2. Simulasi
3. Permainan papan
2. Media teknologi Mutakhir
a.
Media berbasis
telekomunikasi
1. Telekonferen
2. Kuliah jarak jauh
b.
Media berbasis
mikroprosesor
1. Computer assisted instruction
2. Permainan computer
3. Sistem tutor intelijen
4. Interaktif
5. Hypermedia
6. Compact (video) disc
Media pembelajaran,
khususnya media visual, memiliki 4 fungsi yaitu:
1. Fungsi
atensi
Fungsi atensi media
visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang
ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Media gambar atau animasi
yang diproyeksikan melalui LCD (Liquid
Crystal Display) dapat memfokuskan dan mengarahkan perhatian mereka kepada
pelajaran yang akan mereka terima. Hal ini berpengaruh terhadap penguasaan
materi pelajaran yang lebih baik oleh siswa.
2. Fungsi
afektif
Fungsi afektif media
visual dapat terlihat dari tingkat keterlibatan emosi dan sikap siswa pada saat
menyimak tayangan materi pelajaran yang disertai dengan visualisasi. Misalnya,
tayangan video gambar simulasi kegiatan pengelolaan arsip, video penggunaan
mesin-mesin kantor, dan sejenisnya.
3. Fungsi
kognitif
Fungsi kognitif media visual
terlihat dari kajian-kajian ilmiah yang mengemukakan bahwa lambang visual atau
gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi
atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4. Fungsi
kompensatoris
fungsi kompensatoris
dari media pembelajaran dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa media visual
membantu pemahaman dan ingatan isi materi bagi siswa yang lemah dalam membaca.
C. Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu dalam
proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.
Pengajaran lebih menarik perhatian
pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
2.
Bahan pengajaran akan lebih jelas
maknanya, sehingga dapat lebih dipahami pembelajar, serta memungkinkan
pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
3.
Metode pembelajaran bervariasi,
tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan
pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
4.
Pembelajar lebih banyak melakukan
kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja,
tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan dan lain-lainya.
a.
Manfaat Media pembelajaran bagi
pengajar, yaitu:
1.
Memberikan pedoman, arah untuk
mencapai tujuan
2.
Menjelaskan struktur dan urutan
pengajarn dengan baik
3.
Memberikan kerangka sistematis
secara baik.
4.
Memudahkan kembali pengajar terhadap
materi pembelajaran
5.
Membantu kecermatan, ketelitian
dalam penyajian dalam pembelajaran.
6.
Membangkitkan rasa percaya diri
seorang pengajar.
7.
Meningkatkan kualitas pembelajaran
b.
Manfaat media pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
1.
Meningkatkan motivasi belajar
pembelajar
2.
Memberikan dan meningkatkan variasi
belajar pembelajar
3.
Memberikan struktur materi pelajaran
4.
Memberikan inti informasi pelajaran
5.
Merangsang pembelajar untuk berpikir
dan beranalisis.
6.
Menciptakan kondisi dan situasi
belajar tanpa tekanan.
7.
Pelajar dapat memahami materi pelajaran
dengan sistematis yang disajikan pengajar .
D. Pertimbangan Pemilihan Media
Pertimbangan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena media yang
dipilih harus sesuai dengan:
1. Tujuan pengajaran
2. Bahan pelajaran
3. Metode mengajar
4. Alat yang dibutuhkan
5. Pribadi mengajar
6. Minat dan kemampuan mengajar
7. Situasi pengajaran yang sedang berlangsung
Keterkaiatan antara
media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi
pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar untuk memilih dan
menggunakan media dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga media yang
digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebab
media pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tetapi terkait dan memiliki
hubungan secara timbalebalik dengan
empat aspek tersebut. Dengan demikian, alat-alat, sarana, atau media pembelajaran
yang digunakan harus disesuaikan dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
a. Langkah-langkah pemilihan media
Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam pemilihan media
pembelajaran. Pendapat Gagne dan Briggs yang dikutip oleh Mohammad Ali (1984: 73) menyarankan langkah-langkah dalam
memilih media pengajaran yaitu:
1.
Merumuskan
tujuan pembelajaran
2.
Mengklasifikasi
tujuan berdasarkan domein atau tipe belajar
3.
Memilih
peristiwa-peristiwa pengajaran yang akan berlangsung
4.
Menentukan
tipe perangsang untuk tiap peristiwa
5.
Mendaftar media yang dapat digunakan pada
setiap peristiwa dalam pengajaran
6.
Mempertimbangkan (berdasarkan nilai kegunaan)
media yang dipakai
7.
Menentukan media yang terpilih akan digunakan
8.
Menulis rasional (penalaran) memilih media
tersebut
9.
Menuliskan
tata cara pemakaiannya pada setiap peristiwa, dan
10.
Menuliskan
script pembicaraan dalam penggunaan.media. Selaras dengan hal tersebut,
Anderson (1976) menyarankan langkah-langkah yang perlu ditempuh dalam pemilihan
media pembelajaran, yaitu:
a.
Penerangan
atau Pembelajaran
Langkah pertama
menentukan apakah penggunaan media untuk keperluan informasi atau pembelajaran.
Media untuk keperluan informasi, penerima informasi tidak ada kewajiban untuk
dievaluasi kemampuan/keterampilannya dalam menerima informasi, sedangkankan
media untuk keperluan pembelajaran penerima pembelajaran harus menunjukkan
kemampuannya sebagai bukti bahwa mereka telah belajar.
b.
Tentukan
Transmisi Pesan
Dalam kegiatan
ini kita sebenarnya dapat menentukan pilihan, apakah dalam proses pembelajaran
akan digunakan ‘alat bantu pengajaran’ atau ‘media pembelajaran’. Alat bantu
pengajaran alat yang didesain, dikembangkan, dan diproduksi untuk memperjelas
tenaga pendidik dalam mengajar. Sedangkan media pembelajaran adalah media yang
memungkinkan terjadinya interaksi antara produk pengembang media dan peserta
didik/pengguna. Atau dengan kata lain peran pendidik sebagai penyampai materi
pembelajaran digantikan oleh media.
c.
Tentukan
Karakteristik Pelajaran
Asumsi kita
bahwa kita telah menyusun disain pembelajaran, dimana kita telah melakukan
analisis tentang mengajar, merumuskan tujuan pembelajaran, telah memilih materi
dan metode. Selanjutnya perlu dianalisis apakah tujuan pembelajaran yang telah
ditentukan itu termasuk dalam ranah kognitif, afektif atau psikomotor.
Masing-masing ranah tujuan tersebut memerlukan media yang berbeda.
d.
Klasifikasi
Media
Media dapat
diklasifikasikan sesuai dengan ciri khusus masing-masing media.
Berdasarkan persepsi dria manusia
normal media dapat diklasifikasikan
menjadi media audio, media video, dan audio visual. Berdasarkan ciri dan bentuk fisiknya media dapat
dikelompokkan menjadi media proyeksi (diam dan gerak) dan media non proyeksi
(dua dimensi dan tiga dimensi). Sedangkan jika diklasifikasikan berdasarkan
keberadaannya, media dikelompokkan menjadi dua yaitu media yang berada di dalam
ruang kelas dan media-media yang berada di luar ruang kelas. Masing-masing media tersebut memiliki
kelebihan dan kekurangan bila dibandingkan dengan media lainnya.
e.
Analisis karakteristik masing-masing media.
Media pembelajaran yang banyak macamnya perlu dianalisis kelebihan dan
kekurangannya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pertimbangan
pula dari aspek ekonomi dan ketersediaannya. Dari berbagai alternatif
kemudian dipilih media yang paling tepat.
BAB III
KESIMPULAN
Media pembelajaran merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas
pembelajaran. Media pembelajaran sangat banyak macamnya, tentunya tidak
digunakan sekaligus. Untuk itu perlu dipilih secara cermat, media mana yang
lebih tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Ada beberapa kriteria dan langkah yang perlu diperhatikan dalam pemilihan
media. Kriteria yang dimaksud yaitu
tujuan pembelajaran, keefektifan, karakteristik peserta didik, ketersediaan,
kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, kemampuan orang yang menggunakannya dan
waktu yang tersedia.
Langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan
media
pembelajaran
yaitu kegiatan penerangan atau
pembelajaran, Tentukan
transmisi pesan,
Tentukan karakteristik pelajaran,
Klasifikasi media, dan Analisis karakteristik masing-masing media. Betapapun baiknya media yang telah dipilih, bila
tidak digunakan dengan baik tentunya tidak banyak manfaatnya. Dalam
penggunaan media pembelajaran terdapat dua pola yang dapat dilakukan yaitu pola
penggunaan di dalam kelas dan pola penggunaan di luar kelas. Adapun prosedur
pokok yang dapat dilakukan dalam penggunaan media pembelajaran yaitu persiapan,
pelaksanaan, dan tindak lanjut.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-media-pembelajaran-menurut_23.html (diakses pada
tanggal 11 april 2013)
(diakses
pada tanggal 11 april 2013)
http://der-traumer.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-manfaat-dan-fungsi.html (diakses pada
tanggal 11 april 2013)
http://roniyusron.wordpress.com/2012/08/14/jenis-jenis-media-pembelajaran-yang-patut-diketahui-guru/ (diakses pada
tanggal 11 april 2013)
http://www.wayankatel.com/2012/09/ketahui-jenis-jenis-media-pembelajaran.html (diakses pada
tanggal 11 april 2013)
http://www.bakharuddin.net/2012/08/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran.html (diakses pada
tanggal 11 april 2013)
http://akirawijayasaputra.wordpress.com/2012/03/14/pengertianmanfaatklarifikasidan-jenis-jenis-media-pembelajaran/ (diakses pada
tanggal 11 april 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar